Senin, 21 Februari 2011

Sosiologi Perubahan Ekonomi


KONSEP PEMBANGUNAN DAN SEJARAH PENGEMBANGANNYA

Berbicara mengenai pembangunan tentunya terkait dengan negara dan segala konsep pembangunan yang terkait diharapkan dapat menyerasikan ideologi yang dipakai oleh negara agar mencapai suatu kebijakan untuk negara yang terkait. Banyak pertanyaan mengenai definisi pembangunan, namun sebenernya untuk mengetahui apakah pengertian pembangunan tersebut tergantung pada bidang yang terkait, mulai dari pembangunan ekonomi, sosial, politik dan budaya. Disini terdapat beberapa konsep yang terkait dengan pembangunan, salah satunya adalah konsep dari Keynes. Konsep Keynes dapat diterima secara umum karena dapat dijalankan oleh perekonomian didalam suatu negara. Konsep selanjutnya adalah industrialisasi substitutional import yakni konsep yang membangun basis industri didalam negara dan melakukan perdagangan didalam suatu negara. 

Berikutnya adalah konsep modernisasi yaitu konsep yang dijadikan sebagai solusi untuk negara dunia ketiga. Namun, hadirnya konsep ini justru menjadikan negara dunia ketiga memiliki kesenjangan sosial dengan negara dunia pertama. Selain itu, konsep ini mengabaikan potensi agraris yang dimiliki oleh negara dunia ketiga. Dibalik itu, konsep ini digunakan sebagai pembenaran bagi ideologis negara barat yang memiliki kultural yang berbeda dengan yang lainnya. Dengan demikian, konsep modernisasi ini adalah sama dengan istilah westernisasi dimana segala perubahan terjadi pada negara dunia pertama. Selain konsep yang hadir didalam konteks pembangunan didalam negara, teori juga mengikuti pengembangan konsep pembangunan, yaitu teori dependensi. Teori tersebut memaparkan tentang bantuan pembangunan dari negara dunia pertama untuk negara dunia ketiga, dimana dengan negara dunia pertama memberikan bantuan kepada negara dunia ketiga dimanfaatkan untuk memperkaya negara dunia pertama. Akibatnya, negara dunia ketiga hanya menjadi pekerja meskipun negara dunia ketiga juga ikut serta menanamkan invenstasi di negaranya.

Melihat beberapa konsep dan teori yang terkait dengan konteks pembangunan diatas, dapat dilihat bahwa negara dapat menggunakan konsep tersebut untuk menganalisa dalam memberikan kebijakan didalam negaranya. Untuk jawaban manakah konsep atau teori yang paling tepat yang digunakan negara, maka jawabannya adalah bergantung pada ideologi yang diterapkan oleh negara masing-masing. Setelah mengetahui ideologi apa yang digunakan, maka baru dapat dilihat konsep atau teori apakah yang sesuai untuk negara tersebut.


Sumber : hasil catatan perkuliahan Sosiologi Perubahan Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departmen Sosiologi, Universitas Indonesia pada tanggal 17 Februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar